Pages

Minggu, 22 Juli 2012

Memulai Bisnis Sendiri

Dalam perkembangan jaman saat ini, banyak para pengusaha muda yang memulai bisnisnya dan berakhir dengan kesuksesan. Bahkan diantara mereka ada yang memulai bisnisnya semenjak di bangku SMA. Sering pemula-pemula bisnis bertanya... Bagaimana untuk memulai bisnis tersebut, membangunnya dan mempertahankan eksistensinya...? Berikut saran dari mereka yang sudah sukses di bidang bisnisnya 

Yang pertama harus disiapkan setelah memiliki ide bisnis tentunya modal. Walaupun usaha tersebut bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil, lebih ideal jika kamu mengetahui berapa banyak yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini dan dari mana sumber modalnya. Apakah dari kocek pribadi, bekerjasama dengan orang lain, atau mengajukan pinjaman dari orangtua.

Buatlah perencanaan bisnis sederhana guna memperkirakan kebutuhan produksi dan manajemen keuangan dari bisnis kamu nantinya, setidaknya untuk 1 tahun ke depan. Misalnya untuk kebutuhan peralatan dan bahan  baku, sewa tempat, gaji karyawan dan gaji kamu sendiri, transportasi, biaya overhead dan lain-lain.

Perencanaan bisnis akan membantu kamu menentukan berapa modal yang dibutuhkan dan dari mana sumber pendanaannya.

Selanjutnya, kamu juga perlu membuat strategi marketing untuk menentukan bagaimana kamu akan menjual produk kamu, apa nama merknya, siapa target pasarnya, dan lain-lain. Jangan lupa membuat jadwal untuk menentukan kapan mulai menerapkan strategi marketing tersebut dan memulai bisnis kamu.

Perhatikan juga aspek legalitasnya ya, seperti perizinan dan lisensi dari bisnis kamu. Goodluck!

0 komentar:

Posting Komentar