Pemasaran
Pemasaran tidak hanya mengenai penjualan, pemasangan iklan, atau
memajang produk di etalase saja, pemasaran merupakan suatu proses yang utuh
tentang kemampuan menawarkan barang atau jasa, tepat pada waktu yang tepat dan
lokasi yang tepat pula. Pemasaran bertitik tolak pada kebutuhan pembeli yang
belum terpenuhi yang berkaitan dengan barang, harga, kualitas, dan lain
sebagainya.
Anda dapat dikatakan
berhasil dalam melakukan upaya pemasaran apabila telah menghasilkan dua hal
berikut :
1. Pembeli
melakukan pembelian ulang
2. Pembeli
merekomendasikan produk ke Orang lain
Dibawah ini beberapa
teknik yang akan membantu anda dalam melakukan pengenalan pasar, yaitu :
1. Mengelompokan
Pasar
Hal terpenting dalam
memasarkan barang atau jasa adalah mengetahui siapa pembeli dan apa yang mereka
butuhkan, bukan membuat barang atau jasa terlebih dahulu lalu menunggu pembeli
datang. Beberapa pengelompokan pembeli yang dapat dilakukan, antara lain
berdasarkan :
·
Lokasi tempat tinggal
·
Jenis Kelompok
·
Demografis
·
Psikologis
·
Jumlah yang dibeli
2.
Masa Peredaran Barang dan Jasa
Semua barang atau jasa
yang ditawarkan kepada konsumen memiliki siklus hidupnya masing masing. Tahapan
tersebut dimulai dari tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kematangan,
dan diakhiri dengan tahan penurunan.
Apabila mengetahui masa
peredaran suatu barang atau jasa, maka kita akan :
a. Mempercepat
atau memperlambat tahapan-tahapan
b. Mengetahui
masa edar dan siklus hidup yang dimiliki
c. Mengetahui
layak atau tidaknya masuk dalam usaha baru.
3. Analisa
SWOT
Analisis yang dikenal dengan sebutan
analisis kekuatan – Kelemahan – Peluang – Ancaman adalah sangat penting
untuk mengetahui posisi usaha yang dijalankan saat ini.
Menentukan Strategi Pemasaran
Setelah kita melakukan analisis SWOT, maka selanjutnya kita perlu
menyusun strategi pemasaran. Strategi Pemasaran adalah suatu cara yang
digunakan untuk membantu kita membuat barang dan jasa yang sesuai dengan
kondisi perusahaan dan pasar target atau selera konsumen yang dituju.
Menentukan Alat
Pemasaran
Alat pemasaran yang
dimaksud disini lebih kita kenal dengan sebutan bauran pemasaran ( Marketing
mix ), yaitu gabungan atau pengunaan kombinasi unsur – unsur seperti produk,
harga, promosi dan sebagainya yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan
komposisi yang ideal, sesuai dengan kondisi sasaran pembeli.
Menyusun Rencana
Pemasaran
Rencana pemasaran harus
disusun secara sistematis, namun kualitasnya sangat bergantung pada pembuatnya
dan tentu akan lebih baik jika melibatkan pihak – pihak yang terkait langsung
dengan proses pemasaran.
Sumber :
Suharyadi,dkk. Kewirausahaan membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda.2008.Jakarta
: Salemba Empat
0 komentar:
Posting Komentar